11 Alasan Mengapa Orang Harus Bekerja, Apa Saja?

Setelah lulus dari bangku sekolah atau kuliah, sebagai generasi muda tentu kita harus bisa menentukan arah tujuan atau arah jalan dalam hidup. Apa yang nantinya akan kita lakukan selanjutnya.

Apakah akan langsung menikah? Meneruskan usaha atau bisnis orang tua? Membangun dan mengembangkan bisnis sendiri? Atau bekerja di perusahaan yang diimpikan alias didambakan semasa hidup?

Jika memang jawabannya itu bekerja, apa alasannya? Mengapa? Ada begitu banyak alasan yang melatarbelakangi keputusan seseorang untuk memilih bekerja di perusahaan yang sesuai dengan passion mereka.

Berikut ini beberapa alasan mengapa orang harus bekerja.

Alasan Orang Harus Bekerja

Bekerja

1. Mencari Pendapatan

Tujuan bekerja yang bisa dikatakan paling dasar ialah mencari pendapatan atau mencari nafkah guna menjalani kehidupan yang jauh lebih layak. Nominal atau besaran gaji sesuai dengan kemampuan atau skill masing-masing yang dimiliki setiap orang.

2. Memenuhi Kebutuhan Sosial

Ada karyawan yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan sosial dengan cara menjalin relasi kerja. Karyawan yang memiliki tujuan bekerja seperti ini juga menganggap jika relasi kerja adalah investasi jangka panjang yang kemungkinan besarnya akan sangat berguna di masa depan atau di masa yang akan datang.

3. Mencari Pengakuan Diri

Tujuan bekerja yang lain untuk sebagian orang ialah untuk memperoleh atau mendapatkan pengakuan atas kemampuan yang dimiliki. Pekerjaan bisa diartikan sebagai identitas diri dan mampu menimbulkan kepuasan diri jika pekerjaan tersebut diakui dan dihargai oleh orang-orang yang ada di sekelilingnya.

4. Mencari Karir dan Jabatan

Di dalam dunia kerja, ada karyawan yang memang memiliki ambisi tinggi untuk mengejar jenjang karir dan jabatan. Pada umumnya, orang bekerja mulai dari level bawah yakni dengan menjadi staff, lalu meningkat ke posisi yang jauh lebih baik di perusahaan.

Seiring dengan berjalannya waktu, skill atau keterampilan yang dimiliki juga kian bertambah sehingga karyawan bisa memperoleh kepercayaan sebagai seorang manajer yang mempunyai bawahan. Karyawan tersebut biasanya berusaha lebih aktif dan bekerja dengan maksimal sehingga memperoleh peningkatan karir dan jabatan.

5. Karena Butuh Uang

Kita semua tentu membutuhkan uang untuk membayar atau membeli kebutuhan dasar, seperti makanan, pakaian, transportasi, hingga tempat tinggal. Istilah mudahnya adalah sandang, pangan dan papan.

Kita juga tentunya membutuhkan uang untuk membuat hidup menjadi lebih baik dan lebih nyaman, misal untuk pendidikan, transportasi, rekreasi, atau bahkan beramal bagi orang0orang yang sedang terkena musibah. Karena alasan tersebutlah mengapa kita bekerja.

6. Bekerja Karena Diri Penting

Setiap orang tentu ingin menjadi sosok yang penting dengan berbagai macam cara. Menjadi bagian dari kesibukan dunia yang bergerak semakin cepat membuat kita merasa menjadi penting atau menjadi sosok yang diperlukan. Keinginan untuk menjadi penting bisa membuat diri kita jauh lebih kerja keras dari orang lain.

7. Bekerja untuk Berbagi

Dengan bekerja, mereka merasa bisa berbagi kepada sesama. Orang yang seperti ini bisa jadi bekerja tak untuk dirinya sendiri, melainkan juga demi keluarga atau untuk membantu orang lain dalam suatu komunitas alias wadah tertentu.

8. Bekerja agar Bisa Bersama dengan Orang Lain

Banyak orang yang merasa senang jika bersama dengan orang lain. Mereka tak suka sendirian dalam waktu yang lama. Bekerja bisa memberikan kesempatan untuk bersama, berbincang-bincang dengan teman, kerabat atau orang lain.

9. Mencari Pengalaman

Untuk beberapa orang, bekerja bisa jadi tujuan mereka untuk mencari pengalaman. Kadang tak fokus pada pendapatan atau penghasilan, sehingga tak segan untuk meminta pekerjaan tambahan atau bersemangat untuk menyelesaikan tugas baru.

Pengalaman yang didapat inilah tentunya berguna bagi perusahaan untuk menunjang CV yang bagus untuk karir mereka ke depannya atau selanjutnya.

10. Bekerja adalah Ibadah

Bagi karyawan yang memang mempunyai keyakinan bekerja itu merupakan ibadah, mereka menganggap apa yang telah dikerjakan akan memberinya kebaikan atau pahala.

Dalam melakukan suatu pekerjaan, karyawan ini akan berusaha semaksimal mungkin agar tak menimbulkan kerugian untuk orang lain dan berusaha tak berbuat curang. Segalanya dilakukan dengan hati-hati agar tak berdosa.

11. Mencari Modal Usaha

Ada karyawan yang berkeja hanya dalam jangka waktu yang pendek saja karena memang dirinya sudah menyiapkan plan atau rencana yang lain untuk memantapkan diri membangun suatu usaha atau bisnis dengan modal dari gaji di perusahaan.

Setelah itu, nantinya orang ini akan resign dari perusahaan setelah merasa modalnya cukup dan membuka usaha sendiri dengan berbekal modal serta bisnis yang sudah dipelajari semasa bekerja di perusahaan.

0 komentar