Inilah 4 Alasan Mengapa Rakyat Indonesia Mudah Menerima Ajaran Hindu Budha

Ada begitu banyak teori yang berusaha menjelaskan atau mengungkap bagaimana proses dari masuknya ajaran agama Hindu dan Budha ke Indonesia.

Akan tetapi, terlepas dari teori itu semua, nyatanya kedua agama ini sudah menjadi agama yang cukup populer yang mana dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia pada saat itu.

Masyarakat Indonesia mudah menerima ajaran ini karena memang tak bisa dilepaskan dari berbagai macam alasan yang melatarbelakanginya. Berikut ini beberapa alasan mengapa rakyat Indoneia mudah menerima ajaran Hindu Budha.

Alasan Mengapa Rakyat Indonesia Mudah Menerima Ajaran Hindu Budha

Hindu Budha
Hindu Budha, via apaperbedaan.com

1. Rakyat Indonesia Belum Mengenal Agama

Alasan yang pertama yang menjadi latar bekalang ialah karena masyarakat di Indonesia sama sekali belum mengenal agama.

Mereka hanya paham atau mengenal kepercayaan, animisme dan dinamisme karena memang pengetahuan mereka yang terbatas. Datangnya orang India yang selanjurnya menyebarkan ajaran baru yang jauh lebih sempurna, membuat masyarakat Indonesia jauh lebih tertarik lagi untuk mempelajarinya secara mendalam.

2. Hindu Budha Hampir Mirip dengan Kepercayaan Masyarakat Indonesia

Kultur budaya agama Hindu Budha nyatanya mempunyai banyak kemiripan dengan kultur kepercayaan animisme beserta dengan dinamisme yang pada saat itu sedang berkembang pesat di kalangan masyarakat.

Hal ini dibuktikan dengan adanya kemiripan dari punden berundak yang memiliki bentuk bangunan suci agama budha yang dipergunakan sebagai tempat peribadatan, kemiripan dari upacara keagamaan, hingga kepercayaan yang sama terhadap kehidupan setelah mati.

Kesamaan kultur budaya yang terjalin antara ajaran Hindu Budha dengan kepercayaan masyarakat lokal, membuat penyebaran agama ini menjadi semakin mudah dan bisa dengan baik diterima.

3. Sifat Dasar Bangsa yang Ramah dan Terbuka

Sejak dahulu kala, masyarakat Indonesia itu memang sudah terkenal dengan wataknya yang ramah dan mau menerima semua orang.

Saat pertama kali para saudagar dan ahli agama masuk ke Indonesia, masyarakat Indonesia menyambutnya dengan sangat baik dan bisa dengan mudah menerima ajaran mereka dengan segala bentuk keterbukaan.

4. Pengaruh Para Penguasa Nusantara

Pengaruh penguasa nusantara yang mendukung adanya penyebaran agama Hindu Budha juga menjadi alasan kuat mengapa rakyat Indonesia bisa dengan mudah menerima ajaran Hindu Budha.

Sudut pandang rakyat Indonesia pada masa itu yang menganggap raja mereka sebagai utusan Tuhan, mendorong masyarakat untuk mengikuti apa yang menjadi perintah dan tindakan rajanya. Saat rajanya memeluk agama Hindu atau Budha, maka seluruh rakyatnya juga akan melakukan hal yang senada.

0 komentar